SAMPAH - DARI MASALAH JADI BERKAH (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA)



Pada tanggal 22 Agustus 2022 sampai dengan 3 September 2022 murid kelas VII SMP Negeri 4 Kepil mengerjakan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema gaya hidup berkelanjutan dengan judul "Sampah dari masalah mejadi berkah".

Melalui proyek ini murid diasah kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan. Murid juga dilatih untuk mampu menganalisis sumber masalah dan berinisiatif memberikan solusi nyata yang bisa mereka berikan. Selain itu murid diharapkan berproses mencapai 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu :

  1. beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; 
  2. gotong royong 
  3. bernalar kritis 

Adapun pemetaan dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar Pancasila adalah sebagai berikut:

Dimensi Profil
Pelajar Pancasila
terkait

Elemen Profil
Pelajar Pancasila

Sub-elemen Profil Pelajar
Pancasila

Target Pencapaian di akhir
Fase D (SMP, 12-15 tahun)

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Akhlak kepada alam

Memahami Keterhubungan

Ekosistem Bumi

Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta.

Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut.

Gotong Royong

Kolaborasi

Kerja sama

Menyelaraskan tindakan
sendiri dengan tindakan orang
lain untuk melaksanakan
kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok di lingkungan
sekitar, serta memberi
semangat kepada orang lain
untuk bekerja efektif dan
mencapai tujuan bersama

Koordinasi Sosial

Membagi peran dan
menyelaraskan tindakan dalam
kelompok serta menjaga
tindakan agar selaras untuk
mencapai tujuan bersama

Bernalar Kritis

Memperoleh
dan memproses
informasi dan
gagasan

Mengajukan pertanyaan

Mengajukan pertanyaan untuk
klarifikasi dan interpretasi
informasi, serta mencari tahu
penyebab dan konsekuensi
dari informasi tersebut.

Mengidentifikasi,
mengklarifikasi, dan
mengolah informasi dan
gagasan

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan
menganalisis informasi yang
relevan serta memprioritaskan
beberapa gagasan tertentu.

Membuktikan penalaran
dengan berbagai argumen
dalam mengambil suatu
kesimpulan atau keputusan

Kerangka belajar yang dilakukan murid sebagai berikut:

No.

Nama
Aktivitas

Tujuan

Kegiatan

Durasi
(JP)

Alat yang
dibutuhkan

Tugas dan Asesmen

1.

Sampah dan dampak lingkungan

Menumbuhkan rasa ingin tahu

Murid dan membudayakan literasi

1.    Mencari informasi dan berdiskusi tentang dampak lingkungan dari sampah

2.    Membuat presentasi berupa info grafis

6

artikel, gambar, video, gawai, kertas dan alat tulis/gambar

Tugas: Membuat info grafis, Asesmen: Observasi

2.

Gerakan hidup bersih dan sehat

Mengkampanyekan hidup sehat

1.     Membuat pesan gambar berupa poster/ mural tentang hidup bersih dan sehat

6

Kertas dan alat tulis/gambar

Membuat poster/ mural

Observasi

3.

Pilah-pilih sampah

Mengenal berbagai jenis sampah dan dampaknya bagi kesehatan

1.     Studi literatur

2.     Diskusi

3.     Presentasi hasil diskusi

6

gambar, video, media cetak dan elektronik

Membuat presentasi, observasi

4.

Pengolahan sampah organik

Mengolah sampah organik menjadi bermanfaat

1.     Observasi/ studi lapangan

2.     Studi literatur

3.     Proyek mengolah sampah organik

24

gambar/video, alat pengolah sampah, sampah organik

Mengolah sampah organik, observasi

5.

Mengolah sampah anorganik

Membuat kerajinan dari barang bekas

1.     Observasi/ studi lapangan

2.     Studi literatur

3.     Proyek membuat kerajinan

30

gambar/video, media cetak/elektronik, sampah anorganik, alat pembuat kerajinan

Kerajinan dari barang bekas, observasi

6.

Pameran karya

Selebrasi belajar

1.     Pameran video, foto, info grafis, poster

2.     Pameran karya kerajinan dari barang bekas

6

papan pajang, proyektor, laptop

Pameran karya, penilaian antrteman

7.

Refleksi dan Umpan balik

Menemukan makna projek

1.     Menuliskan manfaat pembelajaran

2.     Membuat rencana tindak lanjut

2

Lembar refleksi

Penilaian diri

Beberapa dokumentasi hasil dan proses proyek sebagai berikut:





Beberapa video tugas yang dibuat murid:










 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wasana Warsa Pelepasan Siswa Kelas IX Tahun Ajaran 2018/2019