SAMPAH - DARI MASALAH JADI BERKAH (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA)
Melalui proyek ini murid diasah kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan. Murid juga dilatih untuk mampu menganalisis sumber masalah dan berinisiatif memberikan solusi nyata yang bisa mereka berikan. Selain itu murid diharapkan berproses mencapai 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu :
- beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
- gotong royong
- bernalar kritis
Adapun pemetaan dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar Pancasila adalah sebagai berikut:
Dimensi
Profil |
Elemen
Profil |
Sub-elemen
Profil Pelajar |
Target
Pencapaian di akhir |
Beriman, Bertakwa Kepada
Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia |
Akhlak kepada alam |
Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi |
Memahami konsep sebab akibat
di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang
mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap
alam semesta. |
Menjaga Lingkungan Alam
Sekitar |
Mewujudkan rasa syukur
dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam
sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi
tersebut. |
||
Gotong Royong |
Kolaborasi |
Kerja sama |
Menyelaraskan
tindakan |
Koordinasi Sosial |
Membagi peran dan |
||
Bernalar Kritis |
Memperoleh |
Mengajukan pertanyaan |
Mengajukan
pertanyaan untuk |
Mengidentifikasi, |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi,
dan |
||
Membuktikan
penalaran |
Kerangka belajar yang dilakukan murid sebagai berikut:
No. |
Nama |
Tujuan |
Kegiatan |
Durasi |
Alat yang |
Tugas dan Asesmen |
1. |
Sampah
dan dampak lingkungan |
Menumbuhkan
rasa ingin tahu Murid
dan membudayakan literasi |
1. Mencari informasi dan berdiskusi tentang dampak
lingkungan dari sampah 2. Membuat presentasi berupa info grafis |
6 |
artikel,
gambar, video, gawai, kertas dan alat tulis/gambar |
Tugas:
Membuat info grafis, Asesmen: Observasi |
2. |
Gerakan
hidup bersih dan sehat |
Mengkampanyekan
hidup sehat |
1.
Membuat pesan gambar
berupa poster/ mural tentang hidup bersih dan sehat |
6 |
Kertas
dan alat tulis/gambar |
Membuat
poster/ mural Observasi |
3. |
Pilah-pilih
sampah |
Mengenal
berbagai jenis sampah dan dampaknya bagi kesehatan |
1.
Studi literatur 2.
Diskusi 3.
Presentasi hasil
diskusi |
6 |
gambar,
video, media cetak dan elektronik |
Membuat
presentasi, observasi |
4. |
Pengolahan
sampah organik |
Mengolah
sampah organik menjadi bermanfaat |
1.
Observasi/ studi
lapangan 2.
Studi literatur 3.
Proyek mengolah
sampah organik |
24 |
gambar/video,
alat pengolah sampah, sampah organik |
Mengolah
sampah organik, observasi |
5. |
Mengolah
sampah anorganik |
Membuat
kerajinan dari barang bekas |
1.
Observasi/ studi
lapangan 2.
Studi literatur 3.
Proyek membuat
kerajinan |
30 |
gambar/video,
media cetak/elektronik, sampah anorganik, alat pembuat kerajinan |
Kerajinan
dari barang bekas, observasi |
6. |
Pameran
karya |
Selebrasi
belajar |
1.
Pameran video, foto,
info grafis, poster 2.
Pameran karya
kerajinan dari barang bekas |
6 |
papan
pajang, proyektor, laptop |
Pameran
karya, penilaian antrteman |
7. |
Refleksi
dan Umpan balik |
Menemukan
makna projek |
1.
Menuliskan manfaat
pembelajaran 2.
Membuat rencana
tindak lanjut |
2 |
Lembar
refleksi |
Penilaian
diri |
Beberapa dokumentasi hasil dan proses proyek sebagai berikut:
Komentar
Posting Komentar